Green World Indonesia

Artikel Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit

Apa Arti Dari Berbagai Macam Warna Pada Dahak?

Mengapa dahak berubah warna?

Apa Arti Dari Berbagai Macam Warna Pada Dahak? – Dahak adalah jenis lendir yang dibuat di dada anda. Anda biasanya tidak menghasilkan terlihat jumlah dahak kecuali anda sedang sakit flu atau medis yang mendasari masalah terkait. Ketika anda batuk berdahak, itu disebut dahak. Anda dapat melihat warna yang berbeda dahak dan bertanya-tanya apa arti dari warna dahak tersebut.

Apa Arti Dari Berbagai Macam Warna Pada Dahak?

Berikut ini adalah panduan tepat untuk anda guna melihat kondisi yang berbeda yang menghasilkan dahak, mengapa hal itu membuat warna yang berbeda, dan kapan anda harus memeriksakan kondisi anda ke dokter.

1. Makna Dahak dan Warnanya

Apa maksud dari dahak yang berbeda ini?

2. Dahak Hijau atau Kuning

Apa arti dari dahak yang berwarna hijau atau kuning?

Jika anda melihat hijau atau kuning pada dahak, itu biasanya tanda bahwa tubuh anda sedang melawan infeksi. Warna yang berasal dari sel-sel darah putih. Pada awalnya, anda mungkin melihat dahak kuning yang kemudian berkembang menjadi hijau. Perubahan terjadi dengan tingkat keparahan dan durasi dari potensi penyakit.

Dahak berwarna hijau atau kuning umumnya disebabkan oleh :

Bronkitis

  • Ini biasanya dimulai dengan batuk kering dan akhirnya beberapa menjadi dahak putih. Seiring waktu, anda mungkin mulai batuk-batuk hingga kuning dan hijau dahak keluar. Ini adalah tanda bahwa penyakit ini dapat berkembang dari virus bakteri. Batuk dapat berlangsung hingga 90 hari.

Pneumonia

  • Ini biasanya disebabkan oleh komplikasi lain dari masalah pernapasan. Dengan pneumonia, anda mungkin akan mengalami batuk berdahak yang berwarna kuning, hijau, atau kadang-kadang berdarah. Gejala akan bervariasi berdasarkan pada jenis pneumonia yang anda miliki. Batuk, demam, menggigil, dan sesak napas adalah gejala umum dengan semua jenis pneumonia.

Sinusitis

  • Hal Ini juga dikenal sebagai infeksi sinus. Virus, alergi, atau bahkan bakteri dapat menyebabkan kondisi ini. Ketika hal itu disebabkan oleh bakteri, anda mungkin akan memiliki kuning atau hijau dahak, hidung tersumbat, postnasal drip, dan tekanan di dalam rongga sinus.

Cystic Fibrosis

  • Ini adalah penyakit paru-paru kronis di mana lendir menumpuk di paru-paru. Penyakit ini sering menyerang anak-anak dan anak muda dewasa. Hal ini dapat menyebabkan berbagai dahak warna dari kuning ke hijau ke coklat.

3. Dahak Berwarna Coklat

Apa arti dari dahak yang berwarna coklat?

Anda mungkin juga akan mempertimbangkan warna ini yang “berkarat” dalam penampilan. Warna coklat sering berarti darah tua. Anda dapat melihat warna ini setelah dahak anda tampak merah atau merah muda.

Dahak warna coklat umumnya disebabkan oleh :

Bakteri Pneumonia

  • Bentuk pneumonia dapat menghasilkan dahak yang berwarna hijau-coklat atau berwarna karat.

Bakteri Bronkitis

  • Kondisi Ini dapat menghasilkan dahak berwarna coklat berkarat. Bronkitis kronis juga dapat menjadi kemungkinan. Anda mungkin lebih beresiko untuk mengembangkan bronkitis kronis jika anda merokok atau sering terkena asap dan iritasi lainnya.

Pneumoconiosis

  • Menghirup debu berbeda, seperti batubara, asbes, dan silikosis dapat menyebabkan penyakit paru-paru yang cukup susah untuk disembuhkan. Hal ini dapat menyebabkan dahak berwarna coklat.

Abses Paru-paru

  • Ini adalah rongga berisi nanah di dalam paru-paru anda. Ini biasanya dikelilingi oleh infeksi dan jaringan yang meradang. Selain batuk, keringat malam, dan kehilangan nafsu makan, anda akan mengalami batuk yang diiringi dengan keluarnya dahak berwarna coklat atau berdarah. Jenis dahaknya juga sangat berbau busuk.

4. Dahak Berwarna Putih

Apa arti dari dahak yang berwarna putih?

Anda mungkin akan mengalami dahak berwarna putih yang berkaitan dengan beberapa kondisi kesehatan.

Dahak berawarna putih umumnya disebabkan oleh :

Virus Bronkitis

  • Kondisi Ini dapat dimulai dengan dahak putih. Jika berkembang menjadi infeksi bakteri, dapat berubah warna menjadi kuning dan hijau.

GERD

  • Kondisi kronis ini dapat mempengaruhi sistem pencernaan anda. Hal ini juga dapat menyebab anda batuk dengan diiringi dahak tebal berwarna putih.

PPOK

  • Kondisi Ini menyebabkan saluran napas menyempit dan paru-paru anda menghasilkan lendir berlebih. Kombinasi ini membuat sulit bagi tubuh anda untuk mendapatkan oksigen. Dengan kondisi ini, anda mungkin akan mengalami dahak putih.

Gagal Jantung Kongestif

  • Ini terjadi ketika jantung tidak efektif memompa darah ke seluruh tubuh anda. Cairan membangun di daerah yang berbeda menyebabkan edema. Cairan terkumpul di paru-paru dan dapat menyebabkan peningkatan dahak putih. Anda juga mungkin akan mengalami sesak napas.

Peringatan : Anda harus mencari perhatian medis segera jika anda mengalami kesulitan bernapas.

5. Dahak Berwarna Hitam

Apa arti dari dahak yang berwarna hitam?

Dahak Hitam yang juga disebut dengan melanoptysis. Dahak hitam juga mungkin berarti anda memiliki dihirup jumlah yang tinggi dari sesuatu yang hitam, seperti debu batu bara. Hal ini juga dapat berarti bahwa anda memiliki infeksi jamur yang membutuhkan perhatian medis.

Dahak berwarna hitam umumnya disebabkan oleh :

Merokok

  • Aktivitas merokok yang setiap harinya selalu dilakukan oleh anda ternyata dapat menyebab dahak berwarna hitam saat anda terkena infeksi.

Pneumoconiosis

  • Salah satu jenis khususnya, hitam penyakit paru-paru, dapat menyebabkan dahak hitam. Hal ini sebagian besar mempengaruhi pekerja batu bara atau orang lain yang sering terpapar oleh debu batubara. Batuk hitam sputum juga dapat disertai dengan sesak napas.

Infeksi Jamur

  • Ragi hitam yang disebut juga dengan Exophiala dermatitidis adalah penyebab infeksi ini. Ini merupakan kondisi umum yang dapat menyebabkan dahak berwarna hitam. Hal ini lebih sering mempengaruhi orang-orang yang memiliki cystic fibrosis.

6. Dahak Berwarna Jelas

Apa yang dimaksud dengan dahak berwarna jelas?

Tubuh anda memproduksi lendir dan dahak setiap hari. Hal ini sebagian besar diisi dengan air, protein, antibodi, dan beberapa garam terlarut untuk membantu melumasi dan melembabkan sistem pernapasan anda. Peningkatan dahak yang berwarna jelas mungkin berarti bahwa tubuh anda sedang mencoba untuk flush iritan, seperti serbuk sari, atau beberapa jenis virus.

Dahak yang berwarna jelas umumnya disebabkan oleh :

Alergi Rhinitis

  • Ini juga disebut dengan alergi hidung atau kadang-kadang demam. Itu membuat tubuh anda memproduksi lebih banyak lendir hidung setelah paparan alergen seperti serbuk sari, rumput, dan gulma. Lendir ini menciptakan postnasal drip dan dapat membuat anda batuk yang diiringi dengan dahak yang berwarna jelas.

Virus Bronkitis

  • Ini adalah suatu peradangan pada tabung bronkial di paru-paru anda. Ini dimulai dengan jernih atau dahak putih dan batuk. Dalam beberapa kasus, anda mungkin menemukan bahwa dahak maju ke warna kuning atau hijau.

Virus Pneumonia

  • Bentuk pneumonia ini disebabkan oleh infeksi di paru-paru anda. Awal gejalanya termasuk demam, batuk kering, nyeri otot, dan gejala seperti flu. Anda dapat juga melihat peningkatan dalam membersihkan dahak.

7. Dahak Berwarna Merah atau Pink

Apa arti dari dahak yang berwarna merah atau pink?

Darah adalah kemungkinan penyebab warna merah pada dahak. Merah dianggap warna lain, sehingga hal ini juga dapat menunjukkan bahwa ada darah dalam dahak.

Dahak warna merah atau pink umumnya disebabkan oleh :

Radang Paru-Paru

  • Infeksi paru-paru dapat menyebabkan dahak berwarna merah. Hal ini juga dapat menyebabkan tubuh menggigil, demam, batuk dan nyeri dada.

TB

  • Infeksi bakteri Ini dapat menyebar dari satu orang ke orang lain dalam jarak dekat. Gejala mayor antara lain batuk-batuk selama lebih dari tiga minggu, batuk darah, dan dahak merah, demam, dan berkeringat di malam hari.

Gagal Jantung Kongestif (CHF)

  • Hal Ini terjadi ketika jantung tidak efektif memompa darah ke tubuh anda. Selain merah muda atau merah dahak, anda juga mungkin mengalami sesak napas.

Emboli Paru

  • Ini terjadi ketika arteri paru-paru di paru-paru menjadi terhambat. Penyumbatan ini sering menjadi bekuan darah yang melakukan perjalanan dari suatu tempat lain di tubuh, seperti kaki anda. Hal ini sering menyebabkan berdarah atau blood-streaked dahak. Kondisi ini mengancam kehidupan dan juga dapat menyebabkan sesak napas dan nyeri dada.

Kanker Paru-Paru

  • Kondisi Ini menyebabkan banyak gejala pernapasan, seperti batuk sampai dahak menjadi warna merah atau bahkan berdarah.

Temui dokter anda jika anda memproduksi lebih banyak lendir dari biasanya, setelah intens batuk, atau melihat gejala lain seperti penurunan berat badan atau kelelahan.

Bagaimana Jika Tekstur Dahak Mengalami Perubahan?

Konsistensi dahak dapat berubah karena berbagai alasan. Skala berkisar dari berlendir (berbusa) untuk mukopurulen dan purulen (kental dan lengket). Dahak mungkin mendapatkan lebih tebal dan lebih gelap saat infeksi berlangsung. Hal ini juga dapat menjadi lebih tebal di pagi hari atau jika anda mengalami dehidrasi.

Dahak yang terkait dengan alergi ini biasanya tidak setebal atau lengket karena dahak hijau yang anda lihat dengan bakteri bronkitis atau hitam dahak dari infeksi jamur.

Dahak Berbusa

Bergerak di luar warna sekarang, apakah dahak anda berbusa? Dengan kata lain tekstur yang berlendir. Putih dan dahak berbusadapat menjadi tanda lain dari COPD. Hal ini juga dapat berubah menjadi kuning atau hijau jika anda akhirnya mendapatkan infeksi dada.

Keduanya merah muda dan berbusa? Kombinasi ini mungkin berarti anda mengalami gagal jantung kongestif pada tahap akhir. Jika anda memiliki kondisi ini seiring dengan ekstrim sesak napas, berkeringat, nyeri dada, segera kunjungi dokter spesialis secepatnya.

Kapan Waktu Yang Tepat Mengunjungi Dokter?

Sementara dahak adalah bagian normal dari sistem pernapasan, hal ini tidak normal jika itu mempengaruhi kehidupan sehari-hari anda. Mungkin sudah saatnya untuk anda mengunjungi dokter jika anda merasakan gangguan parah di saluran napas, tenggorokan, atau jika anda mulai batuk nyeri.

Jika dahak anda jernih, kuning, atau hijau, anda mungkin aman untuk menunggu beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu sebelum membuat sebuah janji bertemu dokter. Anda masih harus tetap mengawasi gejala lain untuk melihat bagaimana penyakit ini berkembang.

Jika anda melihat warna merah, coklat, atau dahak hitam, atau mengalami sputum berbusa, anda harus membuat janji segera untuk mengunjungi dokter. Hal ini dapat menjadi tanda yang lebih serius yang mendasari kondisi ini.

Hal ini dapat sulit untuk mendiagnosa diri apa jenis masalah paru-paru yang anda alami. Seorang dokter dapat melakukan berbagai tes seperti sinar-X dan dahak analisis untuk menentukan penyebabnya.

Bagaimana Cara Untuk Menghilangkan Dahak?

Ada kalanya dahak menjadi alasan untuk anda mengunjungi dokter spesialis segera. Beberapa dahak yang menyebabkan kondisi buruk merespon baik untuk antibiotik, obat-obat lain, dan perawatan pernapasan. Dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin diperlukan.

Baca juga : Cara Mengeluarkan Dahak

Beberapa kondisi pada daftar ini adalah virus, dan itu berarti mereka tidak merespon terhadap antibiotik. Sebaliknya, untuk menyembuhkannya anda hanya perlu makan, minum, dan istirahat.

Anda juga dapat mencoba langkah-langkah seperti :

  • Menggunakan humidifier di rumah : Menjaga udara tetap lembab dapat membantu melonggarkan dahak dan memungkinkan anda untuk batuk itu lebih mudah.
  • Berkumur dengan air garam : Campurkan satu cangkir air hangat dengan 1/2 sampai 3/4 sendok teh garam, dan jadikanlah obat kumur untuk melonggarkan setiap lendir dari alergi atau infeksi sinus yang mempengaruhi tenggorokan anda.
  • Menggunakan minyak kayu putih : Minyak esensial Ini bekerja dengan melonggarkan lendir di dada anda dan dapat ditemukan di produk-produk seperti Vicks VapoRub.
  • Mengambil over-the-counter ekspektoran : Obat-obatan seperti guaifenesin (Mucinex) dapat mengencerkan lendir sehingga mampu mengalir lebih bebas dan anda dapat lebih mudah untuk batuk. Obat ini datang dalam formulasi untuk orang dewasa dan anak-anak.

Inti Permasalahan Dari Dahak

Dahak diproduksi oleh sistem pernapasan anda sebagai perlindungan bagi paru-paru. Kecuali anda memiliki kondisi medis yang mendasari, anda mungkin tidak melihat mempunyai dahak. Anda mungkin hanya batuk dan itu jika anda sakit atau mengembangkan penyakit paru-paru kronis.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *