Green World Indonesia

Artikel Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit

Bahan Alami Untuk Luka Bakar Ringan

Luka bakar akan terjadi kapan saja dan dimana saja akibat kesalahan dan keteledoran kita sendiri. Apabila luka bakar yang serius saya rekomendasikan supaya bawa secepatnya ke rumah sakit. Tapi bila luka bakar anda tergolong ringan, anda bisa melakukan pengobatan dengan bahan alami untuk luka bakar ringan yang saat ini akan saya informasikan untuk anda.

Bahan Alami untuk luka bakar ringan

Berikut ini adalah beberapa bahan-bahan alami yang bisa anda gunakan untuk pertolongan pertama ketika anda terkena luka bakar yang tergolong ringan, diantaranya :

1. Madu
Madu memiliki kandungan zat antiseptik yang berpotensi untuk menyembuhkan luka bakar ringan yang anda alami. Mengoleskan madu pada luka bakar ringan dapat membantu mengurangi rasa terbakar serta meminimalisir bekas luka bakar di kemudian hari.

2. Lidah buaya
Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang telah teruji dalam meredakan luka bakar ringan. Lidah buaya tidak hanya memberikan efek mendinginkan, tetapi juga dapat mempercepat proses pemulihan kulit yang terluka. Untuk prosesnya, potonglah lidah buaya di bagian tengah, lalu gunakan gel-nya pada bagian yang terkena luka bakar. Ulangi cara tersebut hingga luka bakar mengering.

3. Cuka
Cuka juga sering digunakan dalam mengobati luka bakar ringan. Caranya adalah, tuangkan cuka pada kain, lalu kompreslah pada bagian yang terkena luka bakar. Lakukan terus saat rasa sakitnya meningkat dengan menggunakan cuka yang masih segar.

4. Kulit pisang
Kulit pisang hadir bukanlah tanpa manfaat. Kulit pisang dapat berpotensi meredakan rasa sakit akibat luka bakar ringan. Para ahli menyarankan untuk menggunakan kulit pisang dengan meletakkannya di bagian yang terluka hingga luka berubah menjadi hitam.

5. Minyak lavender
Minyak lavender dapat berguna untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh luka bakar ringan. Campurkanlah minyak lavender dan lidah buaya, lalu oleskan pada luka bakar. Lakukan cara ini hingga rasa sakit berkurang. Selain minyak lavender, minyak zaitun juga diketahui dapat mengurangi rasa sakit akibat luka bakar dan membantu mempercepat kesembuhan.

Comments are currently closed.