Green World Indonesia

Artikel Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit

Cara Mengatasi Rasa Mual Dalam Perjalanan Jauh

Anda yang mempunyai kekebalan tubuh kurang dari rata-rata pasti kalau bepergian jauh suka merasakan mual, pusing bahkan ada juga yang sampai muntah, berikut dibawah ini adalah cara mengatasi rasa mual dalam perjalanan jauh :

mabuk darat

1. Menyesuaikan Asupan Makanan
Hindari makanan berat selang akan melakukan perjalanan jauh, konsumsi makanan berlemak kira-kira sehari dapat dicerna oleh tubuh. Jauhi pedas, kafein bahkan alkohol sebelum perjalanan, karena hal ini membuat dehidrasi pada tubuh, ganti minuman tersebut menjadi air putih untuk sementara waktu. Dan sebaiknya perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sebelum perjalanan agar aman untuk tubuh dan dapat cepat dicerna oleh perut. Tetapi disarankan tidak makan dalam porsi banyak.

2. Memilih kursi yang tepat dan nyaman untuk diduduki
Jika perjalanan anda menggunakan transportasi mobil, diusahakan untuk memilih kursi yang didepan, atau setidaknya mendapatkan kursi yang didekat jendela. Hal ini berguna agar dapat mengalihkan fokus pada 1 titik diluar. Sehingga tidak akan cepat pusing ataupun mual. Beberapa tips ketika mendapatkan kursi yang pas, jangan membaca dalam mobil, karena badan akan mengalami goncangan sehingga mata akan cepat capek dan membuat anda pusing. Tetaplah siaga, tujuannya agar tubuh anda dapat menyesuaikan dengan goncangan mobil hal ini berguna biar badan anda lebih luwes hingga tidak cepat mabuk.

3. Tenang dan Rileks
Lakukan sugesti yang positif, untuk anda yang biasa tidur di mobil dapat isi waktu perjalanan anda dengan tidur. Bila perlu lakukan olahraga ringan beberapa hari sebelum perjalanan, selain membuat imun tubuh lebih kuat, olahraga juga dapat melancarkan metabolisme tubuh, sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya pusing dan mual.

4. Minum teh peppermint
Peppermint dipercaya dapat mencegah rasa mabuk ataupun mual dalam perjalanan. Cara membuatnya, sediakan 3 lembar daun peppermint lalu seduh dalam cangkir dengan air panas lalu tutup dan diamkan selama 10menit, lalu minum. Cara lain, dapat membeli tablet peppermint dan konsumsi hingga 2-3 kali dalam sehari.

5. Membawa dan pakai kayu putih
Mengoles kayu putih pada bagian perut, leher dan dada dapat mengurangi rasa mual. Diusahakan untuk tidak menggunakan parfum yang menyengat karena hal itu dapat memicu rasa pusing yang berujung pada mual. Hindari merokok dalam perjalanan, terlebih lagi bila orang-orang disekeliling anda bukan perokok, tentunya sangat sedikit oksigen bersih yang mereka hirup dan hal ini dapat memicu rasa pusing pada diri anda dan juga orang-orang sekitar anda.

Demikianlah yang bisa saya jelaskan tentang cara mengatasi rasa mual dalam perjalanan jauh, semoga dengan informasi yang saya berikan bisa membuat anda tidak lagi mengalami rasa mual di perjalanan anda.

Comments are currently closed.