Green World Indonesia

Artikel Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit

6 Efek Samping Dari Memakai Lensa Kontak

6 Efek Samping Dari Memakai Lensa Kontak – Kebanyakan dari Anda mungkin tahu tentang insiden ini yang terjadi beberapa tahun yang lalu. Ada seorang pria yang kehilangan penglihatannya saat memanggang beberapa makanan. Dia memakai lensa kontak dan berdiri sangat dekat dengan barbekyu. Percikan dari barbeque terbang ke salah satu matanya dan lensa pun terbakar. Sejak insiden ini, aku tidak memakai lensa kontak lagi setiap hari. Saya memakai lensa hanya kadang-kadang pada saat acara keluarga atau acara-acara tertentu.

lensa kontak 3

Wanita yang memakai lensa kontak warna biru.

Berbicara untuk diriku sendiri, saya sebenarnya bukan penggemar lensa mata. Saya telah mencoba beberapa merek yang mengklaim untuk menjadi bebas gatal dan non-iritasi dan non-kekeringan tapi selalu berakhir dengan mata merah dalam beberapa jam.

Jadi, melalui artikel ini, saya hanya ingin mengarahkan perhatian Anda pada langkah-langkah keamanan untuk diambil saat memakai lensa kontak. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang efek samping memakai lensa kontak setiap hari.

1. MEMAKAI LENSA KONTAK UNTUK DURASI LAMA BISA MEMOTONG BEKALAN OKSIGEN

Memakai lensa kontak untuk jangka waktu yang lama dapat memotong bekalan oksigen untuk mata, lebih tepatnya dapat merusak kornea. Mata Anda mulai merasa lelah dan tak bernyawa akhirnya. Tidak membersihkan lensa kontak Anda dengan benar dan tidak menggantikan mereka pada jadwal yang sudah ditentukan juga dapat mengakibatkan kerusakan parah mata Anda.

2. RESIKO BAKTERI

Anda harus sangat berhati-hati saat memakai lensa kontak. Selalu pastikan bahwa Anda mencuci tangan Anda saat menyentuh lensa kontak. Pengenalan unsur asing ke mata dapat memberikan kesempatan untuk infeksi bakteri terjadi di mata.

3. MEMAKAI LENSA KONTAK UNTUK DURASI LAMA BISA MENYEBABKAN INFEKSI KORNEA

Memakai lensa kontak untuk jangka waktu lama mungkin menempatkan Anda ke infeksi kornea seperti kornea bisul, pembengkakan, gatal-gatal, dll. Biasa memakai lensa kontak untuk jangka waktu lama mungkin juga dapat merubah bentuk kornea.

4. RISIKO KONJUNGTIVITIS PAPILLARY RAKSASA (GPC)

Infeksi bakteri di mata Anda untuk durasi yang lebih lama dapat memberikan cara untuk raksasa papillary konjungtivitis (GPC). Mata gatal, iritasi dan merah adalah gejala GPC, yang sangat sulit untuk disingkirkan.

5. RISIKO INFEKSI MATA LAINNYA

Selain infeksi kornea, mungkin anda juga merasa seolah-olah Anda memiliki sesuatu di mata Anda pada setiap waktu, sensasi ini dikenal sebagai “sensasi tubuh asing”. Sindrom mata kering, peradangan mata dan reaksi alergi dan pembengkakan kornea infeksi lain yang dapat disebabkan oleh memakai lensa kontak untuk jangka waktu yang lebih lama.

6. MELANGKAH KELUAR TANPA MEMAKAI KACAMATA

Ketika Anda berada di luar memakai lensa, bahkan partikel terkecil debu bisa cukup untuk mengganggu waktu besar mata Anda. Partikel-partikel debu ini dapat menyebabkan gatal-gatal dan kemerahan pada mata. Jadi, pastikan untuk memakai kacamata hitam ketika Anda melangkah keluar.

Artikel terkait :

2 thoughts on “6 Efek Samping Dari Memakai Lensa Kontak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *