Green World Indonesia

Artikel Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit

Gejala Sakit Tenggorokan

Anda pernah mengalami sakit tenggorokan ? kalau saya pernah mengalami sakit tenggorokan, yang pernah saya alami, sakit tenggorokan itu tidak enak. Tidak enak makan dan tidak enak melakukan aktivitas apapun yang dilakukan oleh mulut, berikut dibawah ini adalah gejala sakit tenggorokan yang saya alami :

page

  • Bersin-bersin

Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Udara ini dapat mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam). Bersin dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 µm. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin.

  • Batuk

Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

  • Suara Serak

Masalah suara biasanya termasuk rasa sakit atau ketidaknyamanan ketika Anda berbicara atau kesulitan mengendalikan nada, kenyaringan, atau kualitas suara Anda.

Saat Anda menghembuskan napas, udara bergerak lembut melewati tenggorokan Anda, di seberang pita suara Anda yang terbuka, dan keluar ke mulut dan hidung. Ketika Anda berbicara, pita suara Anda tertutup sebagian seiring udara bergerak melaluinya, menyebabkan getaran dan bunyi khas dari suara Anda. Suara Anda adalah hasil dari interaksi yang luar biasa dan kompleks yang melibatkan beberapa bagian tubuh, terutama paru-paru, kotak suara (laring), dan mulut. Kerusakan pada salah satu bagian tubuh tersebut dapat menyebabkan masalah suara.

  • Postnasal Drip

Akumulasi lendir di belakang hidung dan tenggorokan menjurus pada atau memberikan sensasi dari lendir yang menetes kebawah dari belakang hidung.

  • Demam Ringan

Demam ringan adalah demam dengan suhu tubuh seseorang tidak melebihi 38,5 derajat celcius. Demam ini ditemukan tidak spesifik, tetapi muncul pada banyak penyakit, dari infeksi (contohnya infeksi virus) sampai penurunan imun sampai kanker. Kehadiran demam ringan dapat merupakan gejala dari penyakit lainnya.

  • Lelah

Lelah adalah suatu kondisi yang memiliki tanda berkurangnya kapasitas yang dimiliki seseorang untuk bekerja dan mengurangi efisiensi prestasi, dan biasanya hal ini disertai dengan perasaan letih dan lemah. Lelah dapat akut dan datang tiba-tiba atau kronis dan bertahan. Menurut sumber lain lelah adalah suatu kondisi pada tubuh manusia merasa lelah secara alami, yang biasa terjadi setelah latihan fisik atau mental yang berat.

  • Kelenjar Leher Bengkak

Pembengkakan kelenjar getah bening atau kelenjar leher bengkak terjadi akibat perlawanan tubuh terhadap infeksi, misalnya pilek, gigitan serangga, sakit tenggorokan atau luka.

Comments are currently closed.