Green World Indonesia

Artikel Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit

Gerakan Pereda Sakit Leher

Tidak sedikit orang yang mengalami stres baik secara fisik ataupun emosional setelah menjalani rutinitas yang melelahkan. Hal ini kadang-kadang memicu rasa sakit atau pegal-pegal di beberapa bagian tubuh misalnya leher. Sakit di leher banyak dialami orang terutama yang pekerjaannya mengharuskan ia duduk berlama-lama di kursi untuk menyelesaikan tugasnya, contohnya seperti saya ini yang sering merasakan sakit pada leher.

Dan kali ini saya akan memberikan tips-tips gerakan pereda sakit leher untuk anda yang dinilai cukup efektif dalam meredakan pegal-pegal di sekitar leher, bahkan juga bermanfaat untuk menjaga konsentrasi.

Gerakan Pereda Sakit Leher

1. Angkat bahu
Gerakan pertama yang harus anda lakukan adalah mengangkat kedua bahu. Sambil menarik napas, angkatlah bahu sampai mendekati telinga selama kurang lebih 3 detik. Setelah itu buanglah napa sambil menjatuhkan bahu. Ulangi hal ini sebanyak 5 kali.

2. Miringkan kepala
Secara perlahan, miringkan kepala ke arah kanan. Jatuhkan telinga kanan ke arah bahu kanan. Apabila sudah mencapai titik maksimal, lakukan gerakan yang sama di sisi berikutnya (kiri). Ulangi gerakan ini masing-masing 5 kali, namun tidak perlu lama-lama.

3. Regangkan dada
Letakkan tangan di pinggang, kemudian ambil napas dalam-dalam. Keluarkan napas secara perlahan, tundukkan kepala sampai dagu menyentuh di dada atas. Pada saat yang bersamaan, katupkan tulang belikat (bagian belakang) sehingga dada menjadi tertarik dan meregang.

4. Mengangguk
Tundukkan dagu ke dada secara perlahan selama kurang lebih 3 detik. Pastikan hanya leher yang bergerak, jangan libatkan punggung bagian atas. Setelah itu tegakkan lagi kepala, kemudian dongakkan sampai otot-otot di area kerongkongan tertari. Lakukan hal ini hingga 5 kali, namun tidak perlu lama-lama.

5. Pijat sendiri
Langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah memijat sendiri bahu anda. Letakkan tangan kiri di bahu kanan, kemudian miringkan kepala anda ke kiri. Pijat bahu secara ringan di titik-titik yang terasa pegal, lakukan secara perlahan. Jika sudah nyaman, ulangi gerakan ini pada sisi yang lain.

Comments are currently closed.