Green World Indonesia

Artikel Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit

Hindari Gagal Jantung Dengan Olahraga

Sibuk dengan aktivitas sehari-hari mengakibatkan jarangnya kita melakukan olahraga, padahal olahraga itu sangatlah penting untuk kesehatan tubuh kita. Olahraga adalah kegiatan yang seharusnya tidak boleh diabaikan begitu saja, bahkan aktivitas ini seharusnya rutin dilakukan supaya tubuh kita menjadi lebih fresh, sehat, ceria dan bugar, sehingga terhindar dari segala penyakit contohnya gagal jantung. Selain baik untuk fisik, olahraga juga baik untuk psikis.

Kita bisa membandingkan orang yang jarang atau tidak pernah berolahraga dengan yang sering berolahraga. Orang yang jarang berolahraga umumnya cenderung terlihat lemas, lesu, tidak segar, dan mudah stress. Beda dengan yang sering dan rutin berolahraga, mereka umumnya terlihat lebih segar, sehat, fresh, percaya diri, dan selalu bersemangat dalam hal apapun.

Sebuah penelitian oleh American Heart Association, rutin berolahgara bisa menurunkan risiko gagal jantung hingga 46%. Penelitian ini dilakukan pada tahun 1997, di mana para peneliti Swedia menganalisa sekitar lebih dari 39.000 orang berusia sekitar 20 sampai 90 tahun yang tidak mempunyai gagal jantung. Semenjak itu, para peneliti mengikuti level kebugaran mereka dari waktu ke waktu dengan memberikan kuesioner tentang aktivitas fisik mereka, gaya hidup, penggunaan obat-obatan, merokok, hingga kebiasaan minum alkohol.

Kemudian para peneliti mengolah data-data tersebut untuk melihat apakah mereka mempunyai risiko mengembangkan gagal jantung atau tidak. Hasilnya diketahui bahwa mereka yang paling aktif meluangkan waktu untuk berolahraga dengan intensitas sedang selama 1 jam atau intensitas berat selama 30 menit per hari, berada pada risiko yang rendah (46 persen) untuk mengembangkan gagal jantung.

Sedangkan mereka yang berisiko besar mengembangkan gagal jantung adalah laki-laki berusia tua yang memiliki tingkat BMI dan rasio pinggang-pinggul yang tinggi, memiliki riwayat serangan jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan tingkat pendidikan yang rendah. Namun walaupun risiko besar terjadi pada laki-laki, olahraga juga bermanfaat bagi wanita.

Jadi untuk terhindar dari terjadinya gagal jantung, sebaiknya anda menyediakan waktu setiap hari setidaknya 30 menit hingga 1 jam per haarinya untuk berolahraga. Anda tidak perlu lari maraton untuk melakukannya, cukup lakukan aktivitas fisik yang ringan saja seperti jogging, jalan kaki, dan lain sebagainya.

Comments are currently closed.