Green World Indonesia

Artikel Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit

Hindari Olahraga Malam

Olahraga itu memang bagus dan sehat untuk tubuh kita, tapi terapkanlah dan lakukanlah olahraga sesuai jadwal yang baik. Hindari olahraga pada malam hari, karena dapat menyebabkan risiko cedera yang kemungkinan besar akan terjadi.

olahraga malam

Hindari olahraga di atas Jam 9 Malam

  • Seorang dokter spesialis ortopedi dari Rumah Sakit Premier Bintaro, mengatakan bahwa malam hari adalah waktu tubuh untuk beristirahat dan ritme tubuh pun telah dipersiapkan untuk hal tersebut. Olahraga di malam hari memperbesar risiko untuk mengalami cedera. Menurutnya, olahraga sebaiknya tidak dilakukan lebih dari jam 9 malam.
  • Secara alamiah, manusia mempunyai ritme biologis yang dikenal dengan irama sirkadian. Ritme tersebut dipengaruhi oleh hormon melatonin yang disebut juga hormon tidur. Jika hari telah gelap, maka produksi hormon ini akan meningkat sehingga memberikan rasa kantuk.
  • Berolahraga di malam hari akan membuat terjadinya pemaksaan tubuh yang sejatinya sudah siap untuk beristirahat atau tidur. Artinya, olahraga dilakukan pada waktu yang tidak semestinya.
  • Selain risiko cedera yang tinggi, dampak olahraga yang dilakukan diatas jam 9 malam adalah menganggu kualitas tidur. Hal ini karena denyut jantung terpacu lebih cepat ketika berolahraga, sehingga tubuh memerlukan waktu untuk menurunkannya kembali.
  • Setelah melakukan olahraga di malam hari, biasanya aktivitas tidur akan disertai gelisah, mimpi buruk, tidur namun seperti terjaga, dan bangun tidur pun tidak merasakan kesegaran pagi hari. Karena itu, jika hanya sempat melakukannya di malam hari, saya anjurkan sebaiknya olahraga dilakukan maksimal dua jam sebelum waktu tidur.

Comments are currently closed.