Green World Indonesia

Artikel Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit

Kebiasaan Buruk Yang Mengganggu Jantung

Kebiasaan Buruk Yang Mengganggu Jantung – Jantung merupakan salah satu organ terpenting di tubuh manusia. Jantung berperan dalam memompa darah dan menyediakan nutrisi untuk tubuh. Oleh sebab itu, menjaga jantung tetap sehat adalah suatu hal yang wajib kita lakukan selain solat. Menjaga jantung tetap sehat bisa dimulai dengan tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat memperburuk kesehatan jantung.

jantung

Apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk yang akan menganggu fungsi jantung ?

1. Makan berlebihan

  • Yayasan Jantung dan Stroke di Ontario, Kanada, menunjukkan bahwa makan berlebihan memiliki banyak konsekuensi yang serius terhadap kesehatan seperti penyakit jantung. Adapun dampak negatif dari makan berlebihan adalah refluks asam, kolesterol tinggi, hipertensi, dan asma, di mana beberapa diantaranya merupakan faktor-faktor yang dapat mengganggu kesehatan jantung.

2. Kurang Olahraga

  • Jarang berolahraga meningkatkan potensi naiknya berat badan, dan kondisi ini berbahaya bagi jantung. Olahraga dapat membuat fungsi otak dan jantung kembali normal, serta membuat aliran darah dan oksigen semakin lancar.

3. Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

  • Makanan akan terasa hambar tanpa garam. Namun apabila anda sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam, anda berada dalam risiko yang tinggi untuk mengalami darah tinggi. Hal ini pada akhirnya berpotensi meningkatkan serangan jantung dan juga stroke.

Baca juga : Green World

4. Kurang Tidur

  • Orang yang tidak cukup tidur akan mengalami ketidakseimbangan hormon. Hal ini bisa menyebabkan gangguan terhadap fungsi jantung. Gangguan tidur, yang juga bisa menyebabkan seseorang tidak mendapatkan cukup tidur, dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, denyut jantung tidak teratur, tekanan darah tinggi, stroke, dan diabetes.

5. Merokok

  • Merokok merupakan salah satu faktor terjadinya serangan jantung. Hal ini juga diperkuat dengan adanya peringatan pemerintah di setiap bungkus rokok yang mengatakan bahwa merokok dapat menyebabkan serangan jantung, kanker, dan beberapa gangguan kesehatan lainnya.

6. Mengonsumsi Alkohol

  • Alkohol sering kali menjadi penyebab gangguan kesehatan, termasuk juga kesehatan jantung. Alkohol bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, di mana hal ini merupakan salah satu faktor risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Comments are currently closed.