Green World Indonesia

Artikel Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit

Nutrisi Ini Sangat Penting Bagi Anda yang Suka Lari

GREENWORLDGLOBAL.WEB.ID – Nutrisi merupakan komponen penting untuk menunjang aktivitas fisik seperti olahraga lari. Apabila anda suka berlari tetapi tidak diimbangi dengan Nutrisi yang cukup, bisa-bisa nanti akan mempengaruhi kondisi dan kesehatan anda. Maka dari itu, Nutrisi yang nanti akan di bahas di paragraf selanjutnya, sangat penting sekali untuk dikonsumsi oleh anda.

lari

Nutrisi Ini Sangat Penting Bagi Anda yang Suka Lari | Image by: Commerzbank-Arena.de

Olahraga lari merupakan salah satu cabang olahraga tertua di dunia. Kenapa disebut demikian ? karena memang olahraga ini sangat melegenda sekali, dan semua orang bisa melakukannya, dengan catatan memliki fisik yang baik dan nafas yang bagus. Banyak sekali orang yang malas untuk melakukan olahraga lari, karena alasan tidak ada tempat yang memadai, capek, badan tidak mendukung dan lain sebagainya. Sebenarnya kalau dilihat dari alasan yang mudah capek dan badan tidak mendukung, masih bisa sangat, sangat dan sangat bisa untuk diperbaiki, dengan apa ? tentunya dengan mengubah gaya hidup yang tadinya kurang sehat, menjadi bergaya hidup sehat. Kekurangan nutrisi bagi anda para pelari, akan mengakibatkan anda sering sakit, sering tidak enak badan, sering pegal-pegal dan lain-lain. Untuk itu Nutrisi Ini Sangat Penting Bagi Anda yang Suka Lari, mari kita simak sama-sama di bawah ini.

Nutrisi Sodium

Sodium merupakan sebuah mineral yang ditemukan dalam tubuh dan dalam banyak makanan. Nutrisi jenis ini sangat penting sekali untuk mempertahankan volume darah, mengatur keseimbangan air dalam sel, dan menjaga fungsi saraf. Jadi bagi anda yang suka lari, Nutrisi ini sangat penting sekali dikonsumsi oleh anda. Satu sendok teh garam mengandung sekitar 2.300 mg natrium, lebih dari 4x jumlah yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Asupan natrium yang banyak adalah satu faktor yang diketahui mempengaruhi darah tinggi, tetapi tidak semua orang mempunyai.

Nutrisi Zat Besi

Zat besi merupakan suatu zat dalam tubuh manusia yang erat hubungannya dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan. Dalam tubuh manusia zat besi mempunyai fungsi sangat penting, yakni untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut elektron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Perlu anda ketahui, sebelum anda melakukan olahraga lari, pastikan zat besi mencukupi kebutuhan tubuh anda. Zat besi berperan penting untuk membantu membentuk sel darah merah, yang akan membawa oksigen ke otot tubuh. Ingat, kekurangan Zat Besi bisa mengakibatkan anemia atau kekurangan darah.

Nutrisi Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber utama energi untuk tubuh. Karbohidrat kompleks ditemukan di hampir semua makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Perlu anda ketahui, bahwa sumber terbaik karbohidrat yaitu biji-bijian. Karbohidrat sederhana bisa ditemukan dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Tetapi anda harus menghindari karbohidrat sederhana yang berasal dari gula olahan dan halus karena sangat tidak padat nutrisi. 1gr karbohidrat setara dengan 4 kalori.

Ingat ya, 3 sumber nutrisi penting itu jangan dilewatkan apabila kalian suka lari, karena tanpa itu menurut penelitian tidak akan maksimal larinya, yang ada akhirnya akan capek tidak karuan. Terimakasih telah berkunjung, salam sehat dari kami untuk anda 🙂

Related post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *