Green World Indonesia

Artikel Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit

Penyebab Dari Penyakit Flu

Tidak perlu panjang lebar lagi, pasti anda sudah tidak sabar dan ingin tahu penyebab dari penyakit flu. Dibawah ini silahkan dan selamat membaca 🙂

Virus


Flu merupakan infeksi saluran pernapasan atas yang mudah menular. Rhinovirus paling banyak menyebabkan flu tersebut. Virus tersebut ditemukan pada 30% hingga 80% dari semua kasus yang ada. Rhinovirus adalah virus yang memiliki RNA dan merupakan bagian dari famili picornaviridae. Terdapat 99 jenis virus yang telah diidentifikasikan sebagai famili virus tersebut. Virus lain juga dapat menyebabkan flu. Seperti Coronavirus menyebabkan 10% hingga 15% dari kasus. Flu menyebabkan 5% hingga 15 % dari kasus.

Penularan


Virus flu biasanya ditularkan dengan satu cara dari dua cara penularan utama. Menghirup atau menelan droplet di udara yang mengandung virus. Atai terkena ingus yang terinfeksi atau objek yang terkontaminasi. Belum ada kepastian mengenai cara apa yang menjadi metode penularan yang paling sering terjadi. Virus dapat bertahan lebih lama di lingkungan sekitar. Kemudian virus dapat ditularkan dari tangan ke mata atau hidung dimana infeksi terjadi.

Cuaca


Teori tradisional meyakini bahwa flu ditularkan melalui proses yang terus-menerus  seperti dalam kondisi hujan atau musim dingin, oleh karena itu flu disebut dengan cold. Beberapa virus yang menyebabkan flu bersifat musiman, lebih sering terjadi saat cuaca dingin atau saat hujan. Hal ini terutama diyakini terjadi karena orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan dan berdekatan satu dengan yang lainnya.

Penyebab lainnya adalah Imunitas kelompok, imunitas yang terjadi ketika semua orang dalam suatu kelompok menjadi kebal terhadap infeksi tertentu yang disebabkan oleh proses sebelumnya terhadap virus-virus penyebab flu. Selain itu populasi dengan anggota berusia lebih muda memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi pernapasan dibandingkan populasi dengan anggota berusia lebih tua yang berisiko lebih rendah terkena infeksi pernapasan.

Comments are currently closed.