Green World Indonesia

Artikel Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit

Penyebab Kehilangan Konsentrasi

Banyak orang yang sering mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas atau banyak juga orang yang kehilangan konsentrasinya saat berada di kampus ataupun sekolah. Dampaknya adalah tidak bisa fokus dalam mengerjakan sesuatu. Apa saja penyebab dari hilangnya konsentrasi ? Simaklah dibawah ini, penyebabnya :

Apa sajakah Penyebab dari Kehilangan Konsentrasi Anda ?

  • Kurang Berolahraga
    Menghabiskan waktu di balik meja sepanjang hari dengan tidak diimbangi berolahraga, bisa memicu hilangnya ketajaman konsentrasi. Maka dari itu, sempatkanlah waktu untuk beraktivitas fisik walaupun sekadar hanya berjalan kaki, bersepeda, atau jogging setidaknya 30 menit setiap hari. Olahraga sangat efektif dalam meningkatkan ketajaman konsentrasi.
  • Stres dan Gelisah
    Kekhawatiran yang berlebihan terhadap hal-hal di sekitar anda dapat menyebabkan stres yang pada akhirnya menurunkan daya konsenstrasi anda. Tekanan-tekanan akan tugas dan pekerjaan memang sulit untuk dihindari. Namun anda harus bisa membebaskan diri dari hal-hal tersebut. Luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan agar stres dan tekanan yang datang bisa segera pergi, sehingga ketajaman konsentrasi anda dapat kembali dengan baik.
  • Hormon Tidak Stabil
    Ketidakstabilan hormon kerap dialami wanita saat mereka memasuki usia menopause yang ditandai oleh ‘hot flushes’ (tanda-tanda perubahan level hormon), serta meningkatnya kadar hormon gonadotropin. Apabila anda mengalami hal tersebut, anda bisa melakukan terapi penggantian hormon jangka pendek.
  • Kurang Vitamin dan Hormon
    Kurangnya konsenstrasi bisa menjadi pertanda bahwa anda kurang vitamin atau hormon. Untuk masalah ini, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter mengenai kesehatan anda secara keseluruhan.
  • Pola Makan Buruk
    Pola makan yang buruk bisa menyebabkan kolesterol tinggi, hipertensi, dan obesitas yang bisa mempengaruhi fungsi kognitif tubuh dan kesehatan otak. Oleh sebab itu, aturlah pola makan sehat dan pilihlah makanan yang sehat bagi jantung, karena hal itu juga bagus untuk otak.
  • Terlalu Banyak Kegiatan
    Meskipun anda tidak merasa tertekan, terlibat dalam banyak kegiatan bisa mengganggu perhatian, konsentrasi dan membuat anda mudah lupa. Oleh sebab itu sortirlah kegiatan mana yang lebih penting dan mana yang tidak. Prioritaskanlah kegiatan yang lebih penting dan tinggalkan kegiatan-kegiatan yang tidak penting.

Comments are currently closed.