Green World Indonesia

Artikel Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

tekanan darah tinggiTekanan darah tinggi atau Hipertensi adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik 100–140 mmHg dan diastolik 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Hipertensi adalah penyebab utama dari penyakit stroke, serangan jantung, gagal jantung, penyakit arteri perifer, dan penyebab penyakit ginjal kronik. Bahkan peningkatan sedang tekanan darah arteri terkait dengan harapan hidup yang lebih pendek. Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat memperbaiki kontrol tekanan darah dan mengurangi resiko terkait komplikasi kesehatan.

Dan Inilah Penyebab Tekanan Darah Tinggi Meningkat

Kelebihan Berat Badan
Kondisi seperti atau bahkan berujung obesitas bisa menjadi penyebab utama naiknya tekaan darah. Hal ini karena lemak yang ada dalam tubuh dapat mengganggu sirkulasi darah.

Jenis Kelamin
Tak banyak yang tahu bahwa pria lebih berpotensi terkena hipertensi dibandingkan wanita. Meskipun demikian, wanita juga harus berhati-hati dan tetap waspada akan datangnya hipertensi. Maka dari itu, terapkan selalu polah hidup dan makan yang sehat.

Usia
Semakin bertambahnya usia seseorang, semakin tinggi pula risikonya untuk terkena hipertensi. Hal ini karena ketika seseorang beranjak senja, maka akan cenderung terjadi pengerasan arteri yang pada akhirnya membuat tekanan darah menjadi naik.

Sensitivitas Garam
Sebagian orang mempunyai sensitivitas yang tinggi terhadap garam sampai menyebabkan tekanan darah meningkat. Maka dari itu, apabila anda mengalami hal tersebut, segera batasi konsumsi garam anda.

Alkohol
Alkohol dapat meningkatkan tekanan darah anda sampai dua kali lipat. Maka dari itu, hindarilah konsumsi alkohol.

Bermalas-malasan
Bermalas-malasan adalah kegiatan yang sebaiknya anda hindari karena dapat meningkatkan timbunan lemak dalam tubuh anda yang pada akhirnya bisa menjadi penyebab hipertensi.

Stres
Tekanan yang anda dapat dari stres secara otomatis bisa membuat tekanan darah anda. Maka dari itu, ketika anda mengalami stres, maka kelola stres anda dengan baik dan tenangkan diri segera mungkin.

Pemakaian Kontrasepsi
Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa penggunaan kontresepsi seperti pil KB dapat meningkatkan risiko yang lebih besar untuk terjadi naiknya tekanan darah.

Comments are currently closed.