Green World Indonesia

Artikel Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit

Tanda Tubuh Sedang Tidak Sehat

Kondisi yang menunjukan bahwa kita sedang tidak sehat terkadang membuat kita malas untuk melakukan aktivitas apapun, terdapat banyak gejala-gejala atau tanda tubuh sedang tidak sehat yang muncul. Sehingga membuat kita lemas tidak berdaya.

Berikut adalah Tanda Tubuh Sedang Tidak Sehat

1. Bibir pecah-pecah


Kondisi ini mungkin terdengar remeh dan mengarahkan pikiran kita bahwa hal tersebut karena faktor cuaca. Namun bibir pecah-pecah, terutama dibagian sudut, sebenarnya mengindikasikan bahwa tubuh kita kekurangan vitamin B12. Kurangnya vitamin ini dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti anemia dan akan mempengaruhi darah. Mengonsumsi suplemen dan makanan yang mengandung vitamin B12 serta berkonsultasi ke dokter akan memperbaiki kondisi tersebut.

2. Kita tidak setinggi dulu lagi


Hal ini mungkin terdengar aneh, tapi seiring bertambahnya usia, ada kecenderungan tubuh kita terlihat semakin pendek. Namun sebenarnya hal tersebut bisa mengindikasikan bahwa ada beberapa jenis masalah yang terjadi pada tulang kita dan khususnya terkait osteoporosis. Masalah dengan penyakit tulang ini adalah bahwa kita akan memiliki kecenderungan untuk mendapatkan patah tulang ketika kita jatuh atau mengembangkan lengkungan tulang belakang, sehingga diagnosis dini akan memungkinkan anda untuk membuat perubahan pada makanan yang dikonsumsi agar dapat memperkecil risiko kejadian terburuk.

3. Sering pilek


Jika anda tampaknya lebih rentah dan sering mengalami pilek, mungkin hal itu menunjukkan bahwa anda perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda atau mungkin ada beberapa jenis masalah dengan itu. Tubuh anda mungkin kekurangan vitamin C atau bahkan bisa jadi ada virus yang sedang menyerang dan anda tidak menyadarinya. Terkait masalah ini, mungkin tidak ada salahnya jika anda melakukan tes darah agar diketahui permasalahan sebenarnya.

4. Warna urin terlalu kuning


Adalah penting bahwa anda harus memperhatikan warna urin anda karena hal ini bisa menjadi indikator yang paling berguna mengenai kondisi kesehatan tubuh anda. Apabila anda terhidrasi dengan baik, maka urin anda berwarna terang (normal), namun jika anda sudah merasa minum air yang cukup namun urin anda berwarna terlalu kuning atau gelap, mungkin hal tersebut menunjukkan adanya masalah dengan ginjal anda. Jika sudah begitu, lebih baik segera konsultasikan dengan dokter.

5. Kulit sering bermasalah


Jika anda sering menghadapi permasalahan kulit secara terus menerus seperti jerawat, eksim, atau penyakit lainnya, bisa jadi hal itu lebih dari sekedar kurang baiknya anda dalam menjaga kulit. Sebaliknya, bisa saja hal itu merupakan manifestasi dari reaksi alergi atau mungkin tubuh sedang memberitahukan bahwa anda sedang stres.

6. Tidur tidak seperti biasanya


Jika anda merasa bahwa pola tidur anda terganggu, tidak seperti biasanya, atau anda mengalami insomnia, hal itu bisa menunjukkan bahwa tubuh dan pikiran anda stres. Ketika tidur, tubuh kita seharusnya menurunkan jumlah kortisol. Namun saat kita stres, hal tersebut tidak terjadi sehingga akan menimbulkan gangguan tidur. Apabila kualitas tidur anda tidak baik akibat gangguan tersebut, maka hal itu bisa mempengaruhi kondisi kesehatan anda.

7. Cukup tidur, namun masih merasa lelah


Jika anda merasa cukup tidur, namun masih sering merasa lelah, hal itu mungkin menunjukkan bahwa ada masalah dengan tiroid anda. Masalahnya adalah bahwa kelenjar adrenal anda telah lelah untuk mendukung penggunaan energi tubuh sebelumnya tanpa digantikan dengan cara yang semestinya. Masalah ini kemudian dapat menyebabkan tubuh anda terlihat sedang bekerja terlalu keras karena berusaha melindungi tubuh dari berbagai jenis racun. Ketika hal ini terjadi, maka bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya, sehingga anda disarankan untuk memeriksa tiroid anda pada dokter secepatnya.

Comments are currently closed.