Green World Indonesia

Artikel Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit

Telapak Kaki Anda Kering ? Ini Penyebabnya

Kulit adalah pelindung permukaan tubuh terluar, terdiri atas lapisan sel-sel yang lapisan teratasnya mengelupas perlahan sering disebut daki, secara periodik dan lapisan dibawahnya telah dipersiapkan sebagai penggantinya. Namun kalau kulit kering ini hanya terjadi setempat saja, seperti kaki anda, itu bisa jadi merupakan reaksi defensif di area tersebut, misalnya telapak kaki sering kontak dengan benda/zat (seperti detergen) atau juga suasana suhu tertentu yang dianggap perlunya dibentuk proteksi berupa pembentukan “lapisan sel tebal : “zat tanduk” (seperti anda suka tidak beralas kaki di jalanan beraspal dan saat panas di siang hari). Dan inilah penyebab dari telapak kaki kering.

telapak kaki2

Sering Tidak Beralas Kaki
Berjalan tanpa alas kaki meningkatkan risiko telapak kaki yang tergores dan tergesek benda atau lantai yang keras. Dan yang terjadipun tidak lain dan tidak bukan adalah kulit kering dan pecah-pecah.

Baca juga : Obat Gatal di Telapak Kaki

Kurang Kelembaban
Kurangnya kadar air dalam tubuh dapat mempengaruhi penampilan kulit dan membuat kulit telapak kaki jadi kering dan kasar. Tidak ketinggalan, bagian terluarnya mengelupas dan membuat telapak kaki terlihat pecah-pecah. Apabila dibiarkan dalam kondisi ini, akan membuat kaki jadi terasa pedih.

Salah Memilih Alas Kaki
Alas kaki yang keras dan kurang memberikan perlindungan pada kaki juga meningkatkan risiko telapak kaki pecah-pecah. Terutama debu dan kotoran juga akan tinggal menempel disana dan bisa memicu problem lainnya.

Ada sedikit tips nih dari saya, tips mengatasi telapak kaki kering dan pecah-pecah.

  • Cukupi kebutuhan air minum
  • Gunakan lotion atau body butter khusus untuk perawatan telapak kaki kering dan pecah-pecah.
  • Pilihlah alas kaki yang nyaman dan melindungi dengan efektif maksimal.
  • Anda juga bisa menggunakan batu apung untuk mengikis bagian kulit yang mengelupas sehingga membantu meregenerasi kulit.

Itulah artikel kesehatan yang bisa greenworldglobal.web.id sajikan untuk anda, semoga bermanfaat, Terimakasih 😉

Comments are currently closed.