Green World Indonesia

Artikel Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit

Tips Untuk Mencegah Anemia Atau Kurang Darah

Anda sering merasa lemas dan kurang berkonsentrasi ? Apabila anda seperti itu, bisa jadi anda sedang mengidap anemia atau kekurangan darah. Anemia disebabkan salah satunya karena kekurangan vitamin B-12 dan zat besi. Sumber utama vitamin B-12 dan zat besi yang paling utama adalah dari makanan. Oleh karena itu, untuk pencegahan supaya tidak mengalami anemia, anda butuh asupan makanan yang bervariasi dengan kadar gizi seimbang.

Berikut adalah Tips untuk Mencegah Datangnya Anemia atau Kekurangan Darah

Saya mempunyai beberapa tips untuk menjaga tubuh supaya tetap bugar dan tidak kekurangan darah, apa saja tips nya ? Jawabannya dibawah ini :

  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12.
    Penuhi juga kebutuhan akan vitamin B12 yang bisa anda dapat di hati sapi, tiram, telur, unggas, daging, ikan, susu, dan produk susu lainnya. Selain itu, ragi dan beberapa produk sereal juga mengandung vitamin B12.
  • Mengonsumsi makanan yang dapat membantu menyerap zat besi.
    Zat besi yang masuk ke dalam tubuh akan terasa percuma apabila tidak terserap dengan sempurna. Dibutuhkan kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin C yang dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi. Maka dari itu, anda sebaiknya mengonsumsi jus jeruk, brokoli, stroberi, dan buah atau sayuran yang kaya akan vitamin C.
  • Mengonsumsi makanan yang kaya zat besi.
    Anda bisa memenuhi kebutuhan tubuh terhadap zat besi dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu seperti, kacang-kacangan, hati, tahu, tiram, ikan, daging merah tanpa lemak, sayuran hijau seperti bayam, dan buah kering seperti kismis.
  • Hindari minum teh atau kopi ketika makan.
    Minuman-minuman ini dapat mencegah tubuh untuk menyerap zat besi.

Comments are currently closed.