Green World Indonesia

Artikel Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit

3 Hal yang Terjadi Pada Vagina Setelah Melahirkan

vagina3

Obat Green World – Melahirkan adalah kejadian yang tentunya akan dialami oleh semua wanita. Perasaan senang campur dengan deg-degan akan menghiasi kala wanita sedang dalam proses melahirkan. Tak ayal, perubahan fisik pun pasti terjadi setelah melahirkan selesai.

Melansir dari laman Suara.com, saat persalinan normal berlangsung, terkadang tidak sedikit yang mengalami robekan pada alat kelaminnya tersebut, dan peristiwa seperti itu, sering terjadi karena sendirinya ataupun karena sengaja oleh bidan digunting, demi kelancaran persalinan untuk memberi jalan keluar pada bayi. Episotomy merupakan istilah kedokteran untuk alat kelamin wanita yang dirobek saat persalinan.

Konsultan dari Meet Doctor, Dr. Deffy Leksani pun mengungkapkan, bahwa alat vital wanita ini sebenarnya memiliki sifat yang elastis secara alami, tetapi pasca melahirkan normal, perubahan pun akan terjadi walaupun cuma beberapa. Berikut adalah uraian dari 3 Hal yang Terjadi Pada Vagina Setelah Melahirkan, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Alat Kelamin Menjadi Lebih Lebar

Setelah persalinan normal selesai, vagina akan terasa lebih lebar dan terbuka. Tenang saja, kondisi ini masuk pada kategori normal kok. Biasanya, kondisi bengkak dan terasa longgar pada vagina ini akan terus berkurang seiring berjalannya waktu setelah persalinan bayi.

Baca juga : 3 Alasan Mengapa Harus Kencing Setelah Berhubungan Intim

Vagina memang tidak mungkin berubah ke semula lagi, tapi tenang saja anda bisa meminimalisirnya dengan latihan senam kegel dan pelvis floor, guna membantu membentuk lagi otot-otot vaginan serta panggul. Vagina yang kurang padat dan kebocoran urin memang sering terjadi setelah melahirkan normal, dan itu bisa ditangani dengan latihan senam kegel.

2. Akan Terasa Sakit Saat Berhubungan Seksual

Setelah melahirkan, memang wajar jika kembali berhubungan seksual akan terasa sakit. Apabila rasa sakit ini bersumber dari kondisi vagina yang kering, makan gunakanlah pelumas agar permukaannya lebih licin, namun jika rasa sakit datang dari sekitar perineum, sebaiknya datangi langsung dokter untuk melakukan pemeriksaan.

3. Alat Kelamin Akan Terasa Kering

Organ vagina yang dimiliki oleh wanita akan berubah menjadi cenderung lebih kering, setelah persalinan normal berhasil dilakukan. Hal ini terjadi dikarenakan, kadar estrogen yang cenderung lebih rendah di dalam tubuh daripada saat hamil berlangsung.

Simak juga : Obat Darah Kental Pada Ibu Hamil

Kadar estrogen juga akan lebih rendah pada wanita yang memberikan ASI secara langsung daripada wanita yang tidak menyusui. Dampaknya, organ kewanitaan pun akan terasa lebih kering. Apabila anda sudah mulai aktif kembali berhubungan badan dengan suami anda, anda bisa mengatasi keringnya vagina itu dengan pelumas, agar di setiap dinding organ vagina terasa lebih licin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *